Tanggal Posting

  • April 06, 2019

Share

STUDI BANDING UGM PRESS: MENUJU INOVASI

STUDI BANDING UGM PRESS: MENUJU INOVASI

Belum lama ini tim Redaksi UGM Press melakukan rangkaian studi banding ke empat penerbit di wilayah Jakarta, Bogor, dan Bandung. Pada hari pertama, Kamis (04 April 2019), kunjungan dilakukan di Penerbit Polimedia Jakarta, pukul 09.00 hingga 12.00. Pada kesempatan ini Polimedia memberikan sambutan yang terbuka, yang dipimpin oleh Direktur Polimedia, Dr. Purnomo Ananto. Beliau sangat mengapresiasi kedatangan tim UGM Press, yang dipimpin oleh Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika. Dalam acara ini UGM Press diajak berkeliling melihat secara langsung proses pekerjaan editorial hingga kegiatan di percetakan Polimedia.

"Dengan adanya kunjungan dari teman-teman UGM Press, kami mengucapkan terima kasih, dan kami harap ke depannya kita dapat terus berkomunikasi, tidak hanya dalam rangka silaturahmi, tetapi juga kita bisa bekerja sama dalam banyak hal," ujar Dr. Purnomo.


Dalam kegiatan ini, tim UGM Press sangat antusias dan aktif bertanya untuk menambah wawasan. "Kegiatan ini memang sangat penting karena dapat menambah ilmu kita, agar tidak monoton dan tidak ketinggalan informasi yang up to date mengenai dunia penerbitan," jelas Dr. Wayan.

Pada kesempatan kedua, masih di hari Kamis, tim UGM Press mendatangi IPB Press di Bogor, pukul 14.00 hingga 17.00. Di IPB Press, UGM Press juga disambut dengan hangat dan diajak berkeliling melihat proses penerbitan. Dipimpin oleh Dr. Sambas, Direktur IPB Press, tim UGM Press dipertemukan langsung dengan para staf editorial IPB Press.

"Tentu saja kami sangat senang dikunjungi oleh UGM Press. Kami harap silaturahmi kita tidak terputus sampai di sini. Suatu hari nanti teman-teman dari IPB Press juga bisa berkunjung ke UGM Press untuk saling tukar pengalaman dan ilmu," sambut Dr. Sambas.

Pada hari berikutnya, Jumat (05 April 2019), UGM Press mendatangi Penerbit Mizan Wacana di Bandung. Kunjungan berlangsung dari pukul 08.30 hingga 11.00. Disambut oleh CEO Mizan Wacana, Ahmad Baiquni, kunjungan berlangsung penuh tanya jawab, namun santai. Pak Baiquni dengan gamblang memberi penjelasan mengenai dunia penerbitan, percetakan, pemasaran, dan distribusi buku, mulai dari hulu hingga hilir. Selain itu, tim UGM Press juga diajak mengunjungi bazar buku Mizan Book Store. Di sini ada berbagai genre buku dengan harga terjangkau.


Setelah dari Mizan, Redaksi UGM Press melanjutkan kunjungan ke tempat terakhir, yaitu ITB Press. Kunjungan dimulai pukul 13.30 hingga 15.30. Di sini UGM Press disambut langsung oleh Drs. Budi Isdianto, M.Sn. selaku Direktur ITB Press dan diperkenalkan dengan para staf bagian penerbitan.

"Senang rasanya teman-teman UGM Press berkenan datang jauh-jauh ke ITB Press. Kami harap kegiatan ini tidak sebatas kunjungan semata, tetapi akan terus terjalin dengan penuh manfaat bagi kedua pihak," sambut Drs. Budi.

Tim UGM Press pun diajak berkeliling melihat proses editing, layout, desain, hingga proses mencetak buku. Staf ITB Press juga sangat ramah dan secara terbuka menjelaskan kegiatan penerbitan dan percetakan di ITB Press.


Sebelum acara studi banding ini berlangsung, Kepala Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM, Dr. Widodo, berpesan bahwa sudah selayaknya UGM Press sebagai anak BPP memiliki waktu khusus berkunjung ke teman-teman penerbit lain, untuk saling bertukar pengetahuan dan menambah wawasan. Tidak hanya itu, SDM yang ada di BPP-UGM Press juga berhak mengikuti kegiatan pelatihan sesuai bidang masing-masing guna mengembangkan keterampilan agar mampu berinovasi mengikuti perkembangan zaman. (Nanik/UGM Press)