Tanggal Posting

  • November 29, 2018

Share

PELUNCURAN UGM DIGITAL PRESS

PELUNCURAN UGM DIGITAL PRESS

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. UGM menempati urutan 391 perguruan tinggi top dunia, urutan ke-74 untuk di tingkat Asia, dan urutan ke-14 di ASEAN versi QS tahun 2019. UGM terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas diri, salah satunya dengan peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiahnya. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kuantitas dan kualitas karya ilmiah civitas akademika UGM yang terindeks di Scopus pada lima tahun terakhir. Berbagai upaya dalam mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi di level internasional terus digalakkan, salah satunya melalui penyelenggaraan konferensi internasional. Hal ini terbukti dengan peningkatan jumlah pelaksanaan konferensi internasional di UGM pada beberapa tahun terakhir. Dalam satu tahun setidaknya terdapat lebih dari 30 konferensi internasional yang diselenggarakan di UGM.

Peningkatan penyelenggaraan konferensi internasional di UGM berbanding lurus dengan peningkatan jumlah paper yang dipresentasikan oleh civitas akademika UGM. Salah satu luaran penting dari penyelenggaraan konferensi internasional ialah prosiding hasil seminar yang terbit dan terpublikasi secara global. Oleh karena itu, penting bagi penyelenggara konferensi internasional dalam memilih penerbit yang akan dipercaya untuk menerbitkan prosiding hasil konferensinya. Publikasi prosiding hasil seminar akan membantu dalam mendongkrak reputasi sebuah institusi sehingga perlu publisher terpercaya untuk menerbitkannya.

UGM Digital Press (https://digitalpress.ugm.ac.id/) merupakan media daring untuk memublikasikan prosiding hasil konferensi internasional yang diselenggarakan di UGM. Berada di bawah pengelolaan Badan Penerbit dan Publikasi UGM yang bekerja sama dengan Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) Universitas Gadjah Mada, UGM Digital Press mewadahi seluruh bidang ilmu yang dikategorikan ke dalam empat seri, yaitu: Physical Sciences and Engineering; Life Sciences; Health Sciences; dan Social Sciences and Humanities. Bagi penulis yang naskahnya terpublikasi di UGM Digital Press, UGM Digital Press memberikan open access secara penuh kepada publik. Hal ini tentu saja akan berdampak pada tingkat visibilitas naskah karena naskah akan lebih mudah ditelusuri secara daring. Kemudahan akses dan penelusuran daring ini selain meningkatkan visibilitas naskah juga akan berdampak positif pada sitasi naskah karena pengunjung UGM Digital Press dipermudah dalam mengunduh naskah. Selain itu, naskah akan memiliki Digital Object Identifier (DOI) dan terindeks pada Google Scholar dan Dimension. UGM Digital Press juga dilengkapi dengan fitur penunjuk rekam jejak kunjungan dan pengunduhan naskah melalui artikel metrik.

Bagi penyelenggara konferensi, UGM Digital Press memberikan fasilitas tes plagiarisme bagi naskah-naskah yang akan diterbitkan di UGM Digital Prosiding. Hal ini akan menjamin kualitas naskah hasil konferensi yang diselenggarakan. Selain itu, naskah juga akan melewati tahap editorial yang sesuai standar publikasi karya ilmiah internasional. Selain memfasilitasi penerbitan naskah hasil konferensi internasional, UGM Digital Press juga menampilkan koleksi buku digital terbitan UGM Press yang dapat langsung dibeli secara daring. Digital Books yang ada di UGM Digital Press ini akan meningkatkan diseminasi hasil penelitian civitas akademika UGM lebih luas ke masyarakat. UGM Digital Press dirancang sebagai sistem yang mempermudah publik dalam mengakses perkembangan ilmu pengetahuan hasil penelitian civitas akademika UGM.

Rabu, 28 November 2018 bertempat di Balai Senat UGM, Badan Penerbit dan Publikasi UGM merilis UGM Digital Press. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi (WR PKSI), Supriyadi, M.Sc., Ph.D., CMA., CA., Ak., hadir dalam acara peluncuran UGM Digital Press. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan besar pada UGM Digital Press dalam mendongkrak reputasi UGM di bidang publikasi. Didampingi Kepala Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM dan Direktur Penelitian UGM, WR PKSI resmi meluncurkan UGM Digital Press sehingga dapat segera diakses dan dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika UGM. Kepala BPP UGM, Widodo, M.Sc., Ph.D., menyampaikan dalam sambutannya bahwa keberadaan UGM Digital Press diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi karya ilmiah di UGM sehingga turut membawa dampak pada perbaikan kinerja kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sejalan dengan rencana strategi universitas yang dirancang sampai tahun 2022 yang disampaikan oleh Supriyadi, M.Sc., Ph.D., CMA., CA., Ak., UGM ditargetkan dapat masuk ke peringkat 250 besar dunia versi QS Rankings. Dalam enam aspek indikator penilaian yang digunakan dalam penentuan rangking oleh QS, salah satu indikator yang perlu menjadi perhatian bersama ialah reputasi akademik UGM. Hal inilah yang menjadikan pentingnya peningkatan reputasi UGM, salah satunya melalui reputasi publikasi karya ilmiah civitas akademika UGM. Guna mendukung upaya tersebut, pengembangan sistem basis data terintegrasi menjadi salah satu program kerja yang terus diupayakan pengelolaannya. Keberadaan UGM Digital Press dipandang telah menjadi langkah baik dalam memulai upaya integrasi tersebut, terutama dalam mendukung program peningkatan publikasi di UGM. Peluncuran UGM Digital Press disimboliskan dengan pemutaran video profil UGM Digital Press oleh WR PKSI UGM.

Acara peluncuran UGM Digital Press dilanjutkan dengan rangkaian Workshop Penyelenggaraan Seminar Internasional dengan Luaran Prosiding Terindeks pada Database Bereputasi yang dilaksanakan di ruang Multimedia I, Workshop Enumerator Prisma 2018 yang dilaksanakan di ruang Multimedia II, dan Workshop Penerbitan Jurnal AJSTD & Pelatihan Layouter menggunakan LaTex yang dilaksanakan di ruang Sidang BPP UGM. Rangkaian acara ini diharapkan saling bersinergi dalam pemanfaatan UGM Digital Press melalui rencana penyelenggaraan konferensi oleh masing-masing unit di UGM dan sekaligus menjadi pertemuan rutin bagi para enumerator Prisma dan Tim Percepatan Jurnal UGM. [Kiki/BPP UGM]