Tanggal Posting

  • September 15, 2018

Share

DISKUSI BUKU PUISI-FOTOGRAFI BERJUDUL “KEPUNDAN KASIH’

DISKUSI BUKU PUISI-FOTOGRAFI BERJUDUL “KEPUNDAN KASIH’

Diskusi Buku puisi-fotografi berjudul “Kepundan Kasih’ karya Novi Indrastuti (penyair) dan Harno Depe (fotografer), Senin, 17 September 2018 pkl. 15.00 -17.30 di Auditorim Fakultas MIPA UGM, Sekip utara, Yogyakarta.
Diskusi buku dua genre yang berbeda tapi dapat saling memperkuat yaitu puisi yang berkolaborasi dengan karya fotografi, sehingga bisa disebut sebagai puisi-fotografi berjudul “Kepundan Kasih’ karya Novi Indrastuti (penyair) dan Harno Depe (fotografer). Ons Untoro seorang penyair dan pengelola Sastra Bulan Purnama Tembi Rumah Budaya akan bertindak sebagai narasumber yang membahas buku tersebut. Bertindak sebagai moderator Dra. Sriyanti, M.Si perempuan penyair dan pengajar di UNDIP, Semarang, yang juga aluni departemen Kimia FMIPA UGM. Buku ini diterbitkan oleh UGM Press, begitu dua buku antologi puisi fotografi sebelumnya.


Dalam antologi puisi fotografi ketiga ini terkandung konsep sastra hijau dan sastra perjalanan. Sastra hijau adalah karya sastra yang menitikberatkan pada aspek alam dan lingkungan sekitar sehingga dapat dikaitkan dengan upaya penyelamatan eksistensi bumi. Salah satu upaya penyelamatan lingkungan melalui proses penyadaran dapat dilakukan melalui gerakan budaya (kultural), terutama dengan pemanfaatan kekuatan sastra, yang dalam hal ini puisi. Sastra memiliki keunggulan dan potensi dalam penyadaran hati nurani manusia, tanpa nada propagandis dan menggurui. Baik puisi maupun foto dalam antologi puisi ini sama-sama mengajarkan makna kehidupan melalui bahasa dan visualisasi alam yang estetis. Antologi puisi fotografi ini mencoba menawarkan bentuk eksplorasi seni yang unik dan kreatif dengan cara memadukan dua media yang berbeda dalam sebuah karya dengan satu tujuan, yakni menyampaikan pesan dengan cara yang menyenangkan kepada penikmatnya.


Prof.Dr. Harno Dwi Pranowo, M.Si, yang lebih dikenal dengan nama Harno Depe, sehari-harinya bertugas sebagai dosen di Departemen Kimia Fakultas MIPA UGM. Keterlibatannya membimbing mahasiswa yang memiliki minat fotografi di Unit Kegiatan Mahasiswa bidang Fotografi UGM (UFO) memberi kesempatan untuk semakin menyatu dengan kegiatan fotografi. “Karya foto yang baik sudah selayaknya dapat dinikmati oleh masyarakat luas, dapat melalui media sosial, atau buku cetak maupun elektronik” ujar Harno Depe. Buku puisi fotografi ‘Kepundan Kasih’ karya kolaborasi Novi Indrastuti dan Harno Depe merupakan karya kolaborasi yang ketiga dengan Novi Indrastuti, dan kedua penulis terus ingin memberikan identitas puisi fotografi dalam karya-karya selanjutnya. Foto-foto dalam buku puisi-fotografi ‘Kepundan Kasih’ dibuat Harno Depe dalam tahun yang berbeda-beda dan di lokasi yang berlainan, dan hanya di Yogya atau Jawa, tetapi ada foto yang dibuat dengan mengambil lokasi di Flores, di Lombok, di Bali, di Wakatobi, Banyuwangi, di Innsbruck, Austria, Belanda dan Bratislava, Eropa. Novi Indrastuti menuliskan puisi untuk saling menguatkan foto-foto karya Harno Depe. Fotonya sendiri sudah penuh warna, dan melalui puisi Novi seperti memberikan warna lain pada foto-foto karya Harno Depe.


Novi Indrastuti sehari-harinya sebagai pengajar di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya UGM. Sebelum “Kepundan Kasih”, dua buku puisi fotografi pernah diterbitkan Novi Indrastuti yaitu ‘Di Balik Lensa Kata’ dan ‘Bingkai Kehidupan’. Selain itu puisi2nya banyak diterbitkan dalam antologi bersama dengan sejumlah penyair lainnya. Sejak lama Novi memang sudah mencitnai puisi. Keseriusannya berkecimpung dalam dunia puisi dibuktikan dengan menulis skripsi S-1 dan tesis S-2 yang berkaitan dengan puisi. Studi S-3 ditempuhnya di negeri Ginseng. Gelar doktor dalam bidang Bahasa dan Sastra Korea diraihnya dari Kyungnam University, Korea Selatan. "Sampai sekarang saya masih mengajar di jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya UGM, dan mengajar matakuliah teori puisi” ujar Novi Indrastuti.


Selain diskusi buku pusi-fotografi ‘Kepundan Kasih’, juga akan diisi dengan pembacaan puisi oleh Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng. PhD., (Rektor UGM), Prof.Dr. Triyono, S.U. (Dekan MIPA) Prof.Dr Harno Dwi Pranowo, M/Si., Dr. Novi Indrastuti, M.Hum, Wahjudi Djaja S.S., M.Pd. dan Sitoresmi Prabuningrat. Akan diisi juga performance dari Sanggar Lincak FIB UGM.