Tanggal Posting

  • July 29, 2020

Share

BEDAH BUKU COPYWRITING: RETORIKA, IKLAN, DAN STORY TELLING, TEORI DAN TEKNIK MENULIS NASKAH IKLAN

BEDAH BUKU COPYWRITING: RETORIKA, IKLAN, DAN STORY TELLING, TEORI DAN TEKNIK MENULIS NASKAH IKLAN

Yogyakarta - UGM Press kembali menggandeng Sekolah Vokasi UGM beserta Keluarga Gama Mandiri (KGM) Network dengan mengadakan bedah buku yang berjudul Copywriting: Retorika, Iklan, dan Story Telling, Teori dan Teknik Menulis Naskah Iklan. Acara yang digelar pada Rabu, 29 Juli 2020, secara daring melalui platform Google Meet dan livestreaming Youtube ini telah menarik 520 peserta yang datang dari bermacam background profesi, dengan tujuan utama untuk membantu penggiat usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menunjang bisnis yang saat ini sudah terintegrasi secara digital, termasuk pembuatan konten iklan.

Pembicara dalam kegiatan kali ini adalah Drs. Muslikh Madiyant, M.Hum., selaku penulis buku yang juga merangkap sebagai dosen di Departemen Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya dan Sekolah Vokasi UGM; Heddy Prasetyo Nugroho, S.S., Cht., Cl., sebagai praktisi copywriter; dengan moderator Eryza Susilo, S.S. (owner Jendra.id). Agenda seminar meliputi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan penutup. Acara ini dibuka oleh Febriarto Wahyu Aji, Koordinator Pemasaran UGM Press yang bertanggung jawab untuk memberikan sambutan mewakili Kepala Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM, Widodo, M.Sc., Ph.D. dan Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika. Kemudian, sambutan dilanjutkan oleh Ibu Atik Herwening Widiyanti, mewakili founder KGM Network, Bapak Ipunk Purniant Radjiman.

Rangkaian acara kedua, yaitu pemaparan materi. Sebagai narasumber pertama, Heddy Prasetyo memberikan penjelasan secara lengkap mengenai Copywriting in The Digital Age. “Di era bisnis digital yang sangat sarat akan persaingan, butuh suatu taktik yang mampu membangun dan memengaruhi alam bawah sadar pembeli, salah satunya melalui copywriting (seni merangkai kata dalam iklan). Parameter copywriting yang bagus adalah mampu menarik konsumen untuk membeli produk Anda,” tutur Heddy. Menurutnya, sebelum membuat bahasa iklan, alangkah baiknya untuk mengetahui dengan baik produk dan karakter unik yang akan dijual karena hal itulah yang akan memengaruhi penjualan, kemudian menentukan target market, riset kata kunci spesifik yang mampu mewakili produk, dan diakhiri dengan menentukan media yang akan digunakan untuk memasarkan suatu produk.

Pemaparan materi dilanjutkan oleh Drs. Muslikh Madiyant yang bertindak sebagai penulis buku. Beliau menuturkan bahwa dalam menulis sebuah iklan lebih baik jika mengetahui culture/budaya yang akan menjadi sasarannya. “Sekarang ini iklan yang mampu menarik konsumen adalah iklan yang memiliki value (nilai) di dalamnya. Inti dari menulis iklan, yaitu pesan tersampaikan dengan baik serta mampu membujuk seseorang,” paparnya.

Acara berlanjut dengan lancar hingga sesi tanya jawab, dan sebagai rangkaian acara terakhir ditutup dengan pemberian doorprize kepada 10 peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik di kolom komentar. Mereka mendapatkan masing-masing satu buku Copywriting: Retorika, Iklan dan Story Telling, Teori dan Teknik Menulis Naskah Iklan, persembahan secara gratis dari UGM Press. (Azata/SV UGM)