Tanggal Posting

  • September 20, 2023

Share

UNPAD PRESS TINGKATKAN PENGELOLAAN PELAYANAN PENERBITAN MELALUI KUNJUNGAN KE UGM PRESS

UNPAD PRESS TINGKATKAN PENGELOLAAN PELAYANAN PENERBITAN MELALUI KUNJUNGAN KE UGM PRESS

Yogyakarta, 20 September 2023 - Dalam upaya untuk terus meningkatkan pengelolaan pelayanan penerbitan, tim dari Unpad Press, penerbitan resmi Universitas Padjadjaran, melakukan kunjungan ke UGM Press, yang merupakan penerbitan dan percetakan resmi Universitas Gadjah Mada, pada hari Rabu, 20 September 2023.

Dalam kunjungan tersebut, tim dari Unpad Press dipimpin oleh Andri Yanto, S.Sos., M.I.Kom., Kepala Unpad Press. Mereka diterima oleh tim manajemen UGM Press di Gedung UGM Press yang terletak di Jalan Sendok Karanggayam CT VIII Depok, Sleman, Yogyakarta. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman terkait proses redaksi, terutama dalam hal pereviewan naskah, serta proses cetak yang menjadi salah satu aspek penting dalam kegiatan penerbitan.

Diskusi antara kedua pihak berlangsung dengan penuh semangat dan produktif. Salah satu topik utama yang dibahas adalah tata kelola percetakan yang efisien dan efektif. Kedua lembaga penerbitan ini bertukar pengalaman dan best practices dalam mengelola produksi buku, jurnal ilmiah, dan publikasi lainnya. Mereka juga membahas strategi untuk meningkatkan kualitas dan mutu penerbitan serta efisiensi dalam proses produksi.

"Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami berharap dapat menerapkan beberapa wawasan dan praktik terbaik yang telah kami pelajari dari UGM Press untuk meningkatkan pelayanan penerbitan kami di Unpad," ujar Andri Yanto.

Sementara itu, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng,, Manajer UGM Press, mengatakan, "Kami senang dapat berbagi pengalaman kami dengan rekan-rekan dari Unpad Press. Kolaborasi semacam ini sangat penting untuk mengangkat standar penerbitan di seluruh negeri."

"Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak dan menghasilkan publikasi ilmiah yang lebih berkualitas," kata Dr. Wayan.

Kunjungan ini diakhiri dengan pertukaran cenderamata sebagai tanda persahabatan antara Unpad Press dan UGM Press. Kedua pihak berharap kunjungan ini akan menjadi awal kerjasama yang lebih erat di masa depan, untuk terus meningkatkan pengelolaan penerbitan dan pelayanan yang mereka tawarkan kepada masyarakat ilmiah. [Irwan/UGM Press]