Tanggal Posting

  • January 18, 2024

Share

UI PUBLISHING BELAJAR TENTANG PROSES ADMINISTRASI DAN MARKETING SERTA PERKUAT KERJASAMA DENGAN UGM PRESS

UI PUBLISHING BELAJAR TENTANG PROSES ADMINISTRASI DAN MARKETING SERTA PERKUAT KERJASAMA DENGAN UGM PRESS

Pada awal tahun 2024 ini tepatnya hari Kamis tanggal 18 Januari 2024, UGM Press menerima kunjungan dari UI Publishing. Dalam kunjungan tersebut, UI Publishing dipimpin oleh Bapak Dwi Wibowo selaku General Manager yang datang bersama rombongan koordinator yang berjumlah 4 orang. Mereka diterima oleh Plt. Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng. beserta para koordinator bagian di Gedung UGM Press yang terletak di Jalan Sendok Karanggayam CT VIII Depok, Sleman, Yogyakarta. Tujuan utama dalam kunjungan tersebut adalah benchmarking antar penerbit, sharing tata kelola administrasi, serta belajar strategi marketing buku akademik.

Penerbit Universitas Indonesia (UI Publishing) berdiri pada tahun 2018 yang merupakan penggabungan sinergi dari UI Press, Badan Penerbit FKUI dan Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi & Bisnis UI untuk memberikan layanan yang lebih baik dalam bidang penerbitan, publikasi dan printing. Dengan manajemen dan sistem kerja yang baru, UI Publishing bertekad untuk belajar dari kesalahan masa lampau dalam pengelolaan layanan.

Pertemuan diawali dengan paparan company profile masing-masing penerbit dan dilanjutkan dengan diskusi khususnya terkait dengan proses administrasi dan pemasaran. Diskusi antara kedua pihak berlangsung dengan sangat produktif dimana kedua lembaga penerbitan bertukar pengalaman dan best practices dalam mengelola pelayanan mulai dari penerbitan hingga pemasaran.

Tujuan utama UI Publishing berkunjung ke UGM Press adalah belajar terkait dengan pengelolaan administrasi dan pemasaran buku-buku akademik. Bapak Dwi Wibowo selaku General Manager mengungkapkan bahwa UI Publishing saat ini sangat mengandalkan pemasukan dari jasa cetak namun kurang optimal dalam hal penjualan buku-buku akademik. Seperti halnya pemasaran UGM Press yang sudah beralih ke marketplace, penjualan buku-buku fisik UI Publishing juga beralih melalui marketplace. Pergeseran trend pembelian buku dari pembelian secara langsung ke toko buku menjadi pembelian secara online melalui marketplace tidak lepas dari efek pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2 tahun silam. Pemasaran buku-buku UI Publishing mengandalkan distributor dan melalui marketplace seperti Tokopedia, Lazada, dan Shopee. Menurut Bapak Dwi Wibowo kendala saat ini adalah banyak dijumpai buku-buku bajakan yang dijual melalui marketplace oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Bapak Dwi Wibowo juga menyadari bahwa perlu adanya pembenahan dan peningkatan dalam media promosi buku-buku UI Publishing yang masih dirasakan kurang saat ini.

Sementara itu, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng., Plt. Manajer UGM Press, mengatakan, "Keunggulan utama dari UGM Press adalah buku akademik yang diterbitkan memiliki standar kualitas yang tinggi dimulai dari proses review oleh reviewer ahli, editing oleh editor bersertifikasi, layout, serta desain cover dilakukan oleh staf yang berpengalaman. Selain itu, UGM Press sudah memiliki webstore sendiri dalam memasarkan buku-buku UGM Press serta bekerjasama dengan berbagai marketplace online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Tiktok, MyEdisi untuk pasar domestik serta Google Playbook dan Amazon untuk pasar Internasional"

"Tahun 2024 ini UGM Press akan kembali dengan strategi pemasaran yang inovatif seperti Shopee Live, TikTok shop dan mulai menjajaki dunia Podcast untuk mengenalkan buku-buku UGM Press dengan diskusi secara langsung dengan penulisnya yang dikemas secara menarik, sederhana, ringan, tetapi berbobot" kata Dr. Wayan.

Kunjungan ini diakhiri dengan pemberian cenderamata sebagai tanda persahabatan dan kenangan antara Penerbit UI Publishing dan UGM Press. Kedua pihak berharap kunjungan ini akan menjadi awal kerjasama yang lebih erat di masa depan untuk terus meningkatkan pengelolaan penerbitan dan produk penerbitan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. [Nisa/UGM Press]