Tanggal Posting

  • September 27, 2023

Share

UGM PRESS – PENERBIT USM SEPAKAT UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA PENERBITAN

UGM PRESS – PENERBIT USM SEPAKAT UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA PENERBITAN

Hari Rabu, 27 September 2023 UGM Press menerima kunjungan dari Penerbit Universiti Sains Malaysia (USM). Dalam kunjungan tersebut Penerbit USM dipimpin oleh Profesor Madya Dr. Nazarudin Zainun selaku direktur dan membawa rombongan 3 pegawai lainnya. Mereka diterima oleh Plt. Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng. beserta tim manajemen UGM Press di Gedung UGM Press yang terletak di Jalan Sendok Karanggayam CT VIII Depok, Sleman, Yogyakarta. Tujuan utama dalam kunjungan tersebut adalah benchmarking antar penerbit dalam upaya menjalin kerjasama penerbitan (co-publishing) serta meningkatkan pelayanan penerbitan dan penjualan buku.

Penerbit Universiti Sains Malaysia (USM) berdiri pada tahun 1972 yang berada di bawah Perpustakaan. Buku pertama yang diterbitkan oleh Penerbit USM berjudul Sesayup Jalan (Zurina Hassan) diterbitkan pada tahun 1974. Hingga saat ini Penerbit USM telah menerbitkan lebih dari 2000 judul buku.

Pertemuan diawali dengan paparan company profile masing-masing penerbit dan dilanjutkan dengan diskusi khususnya terkait dengan pengelolaan penerbitan dan pemasaran. Diskusi antara kedua pihak berlangsung dengan penuh semangat dan produktif. Kedua lembaga penerbitan ini bertukar pengalaman dan best practices dalam mengelola pelayanan mulai dari penerbitan serta pemasaran. Mereka juga membahas strategi untuk meningkatkan kualitas penerbitan serta penjualan buku cetak maupun digital.

Selain buku akademik, Penerbit USM juga mulai menjajaki buku populer dan buku digital (e-book) yang dimulai sejak 2 tahun terakhir. Buku populer bersifat lebih flesibel dalam proses seleksi, tetapi harus sesuai dengan tema/judul yang telah ditentukan oleh penerbit. Tema/judul ditentukan sesuai dengan trend saat ini. Sedangkan e-book, Penerbit USM bekerjasama dengan pihak ketiga seperti bachabooku!!, buqu, Amazon, dan lain-lain.

Seperti halnya pemasaran UGM Press yang sudah beralih ke marketplace, penjualan buku-buku fisik Penerbit USM juga beralih melalui marketplace. Pergeseran trend pembelian buku dari pembelian secara langsung ke toko buku menjadi pembelian secara online melalui marketplace tidak lepas dari adanya efek pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2 tahun silam. Karena fokus utama dari Penerbit USM adalah penerbitan, penjualan buku-buku penerbit USM dilakukan oleh pihak ketiga melalui official store Emdash yang melayani penjualan melalui berbagai marketplace seperti Presto Mall, Lazada, PG Mall, dan Book Café.

Dalam pertemuan ini, kedua lembaga penerbit ini sepakat untuk melakukan kerjasama penerbitan (co-publishing). "Kita dapat melakukan co-publishing untuk buku dengan tema-tema tertentu yang dari pihak kami memang kekurangan penulis untuk tema-tema tersebut.," ujar Nazarudin Zainun.

Sementara itu, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng., Plt. Manajer UGM Press, mengatakan, "UGM Press memiliki keunggulan buku-buku yang diterbitkan memiliki kualitas mutu yang sangat baik yang dimulai dari proses peer review yang sangat ketat oleh reviewer ahli dan telah melalui serangkaian editing bahasa, tata letak, dan desain sampul yang dilakukan oleh staf professional tersertifikasi. Kami sepakat dan menyambut baik kerjasama co-publishing ini. Kolaborasi ini sangat penting untuk meningkatkan reputasi penerbit di dunia internasional."

"Semoga rintisan kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak dan menghasilkan buku-buku yang lebih berkualitas," kata Dr. Wayan.

Kunjungan ini diakhiri dengan pertukaran cenderamata sebagai tanda persahabatan dan kenangan antara Penerbit USM dan UGM Press. Kedua pihak berharap kunjungan ini akan menjadi awal kerjasama yang lebih erat di masa depan, untuk terus meningkatkan pengelolaan penerbitan dan produk penerbitan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. [Nisa/UGM Press]