Tanggal Posting

  • May 16, 2023

Share

PUSLITPEN LP2M UIN SYARIF HIDAYATULLAH MELAKUKAN BENCHMARK LEMBAGA MANAJEMEN PENERBITAN BUKU KE UGM PRESS

 PUSLITPEN LP2M UIN SYARIF HIDAYATULLAH MELAKUKAN BENCHMARK LEMBAGA MANAJEMEN PENERBITAN BUKU KE UGM PRESS

UGM Press, salah satu penerbit akademik terkemuka di Indonesia, telah membuka pintu bagi delegasi yang berminat untuk melakukan studi banding dan memperoleh wawasan lebih dalam industri penerbitan akademik. UGM Press menerima kunjungan dari Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada Selasa, 16 Mei 2023. Kunjungan ini dipimpin oleh Siti Ummi Masruroh, M.Sc., selaku Kepala Puslitpen LP2M UIN Syarif Hidayatullah, dengan didampingi oleh para stafnya. Kunjungan ini disambut oleh Kepala Bidang Penerbitan dan dan Percetakan UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng., dengan didampingi setiap koordinator divisi di UGM Press.

Siti Ummi Masruroh mengatakan bahwa tujuan melakukan benchmark ini karena UGM Press telah lama diakui sebagai penerbit yang berkomitmen untuk mempublikasikan karya-karya ilmiah dari para akademisi, peneliti, dan mahasiswa. "Melalui studi banding ini, kami dapat mempelajari berbagai aspek yang terkait dengan penerbitan akademik, termasuk proses seleksi naskah, pengeditan, desain buku, pemasaran, dan distribusi," ucap Siti.

Puslitpen LP2M UIN Syarif Hidayatullah juga diberikan kesempatan untuk melihat bagaimana UGM Press menerapkan teknologi terkini dalam penerbitan, termasuk penerbitan digital dan akses terbuka (open access) terhadap karya ilmiah dan juga menjelajahi platform dan sistem yang digunakan oleh UGM Press untuk mempublikasikan konten digital, serta memahami upaya yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas karya-karya tersebut.

Pada kesempatan ini, Dr. Wayan Mustika menjelaskan hasil dari studi banding ini diharapkan dapat diaplikasikan oleh delegasi dalam meningkatkan kualitas penerbitan di lingkungan mereka masing-masing. Selain itu, sharing knowledge dan pengalaman dari kunjungan ini juga dapat menjadi stimulus untuk inovasi dan perbaikan dalam industri penerbitan akademik secara keseluruhan. "Diharapkan kunjungan ini akan memperkaya pengetahuan dan membangun kerja sama yang bermanfaat antara UGM Press dan para pelaku industri penerbitan akademik lainnya,” ujar Dr. Wayan. [Irwan-UGM Press/editor: Nanik]