Tanggal Posting

  • August 03, 2023

Share

POLITEKNIK NEGERI MADIUN TELUSURI STRATEGI PENERBITAN DAN PUBLIKASI MELALUI KUNJUNGAN STUDI BANDING KE UGM PRESS

POLITEKNIK NEGERI MADIUN TELUSURI STRATEGI PENERBITAN DAN PUBLIKASI MELALUI KUNJUNGAN STUDI BANDING KE UGM PRESS

Sleman, 03 Agustus 2023 – Dalam upaya memperluas wawasan dan memperbaiki proses penerbitan serta publikasi ilmiah, Politeknik Negeri Madiun melakukan kunjungan studi banding ke UGM Press, penerbit terkemuka di Universitas Gadjah Mada (UGM), pada Kamis (3/8). Kegiatan ini merupakan langkah konstruktif untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai praktek-praktek terbaik dalam dunia penerbitan dan publikasi.

Tim delegasi dari Politeknik Negeri Madiun berjumlah delapan orang, terdiri dari Wakil Direktur I Politeknik Negeri Madiun, Ketua UPA Penerbitan Politeknik Negeri Madiun, dan Anggota UPA Penerbitan Politeknik Negeri Madiun, disambut dengan hangat oleh Kepala Bidang Penerbitan dan dan Percetakan UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, dengan didampingi setiap koordinator divisi di UGM Press.. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari strategi yang digunakan oleh UGM Press dalam menerbitkan berbagai karya ilmiah, jurnal, dan buku, serta mengelola proses publikasi secara efektif.

Dalam kunjungannya, tim delegasi Politeknik Negeri Madiun diberikan gambaran menyeluruh tentang langkah-langkah praktis yang terlibat dalam penerbitan, dari seleksi naskah hingga tahap produksi dan distribusi. Mereka juga mendapatkan wawasan tentang bagaimana UGM Press mengintegrasikan teknologi dan sistem informasi modern dalam manajemen penerbitan.

Dr. Yosi Afandi, Wakil Direktur I Politeknik Negeri Madiun, mengungkapkan, "Kunjungan studi banding ini merupakan kesempatan berharga bagi kami untuk belajar dari pengalaman UGM Press. Kami berharap dapat menerapkan praktik-praktik terbaik ini di Politeknik kami untuk meningkatkan kualitas penerbitan dan publikasi ilmiah."

Pimpinan UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, mengapresiasi inisiatif Politeknik Negeri Madiun dalam mencari inspirasi dari praktik yang terbukti berhasil. "Kami senang berbagi pengalaman dan pengetahuan kami dalam dunia penerbitan dengan institusi lain. Semoga kunjungan ini memberikan manfaat yang berarti bagi pengembangan Politeknik Negeri Madiun," ungkapnya.

Kunjungan studi banding ini juga memberikan kesempatan bagi kedua institusi untuk menjalin kerja sama yang lebih erat di masa depan. Kedua belah pihak sepakat untuk menjaga komunikasi terbuka guna bertukar pengalaman dan berkolaborasi dalam proyek-proyek penerbitan yang bermanfaat.

Dengan pengalaman berharga ini, diharapkan Politeknik Negeri Madiun dapat mengimplementasikan pengetahuan baru yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiahnya. Selain itu, kerja sama antara institusi pendidikan tinggi dalam hal penerbitan dapat memajukan dunia ilmiah dan memperluas jangkauan pengetahuan. [Irwan/UGM Press]