Tanggal Posting

  • October 28, 2022

Share

PKTJ TEGAL MENGADAKAN BEDAH BUKU UJI LAIK FUNGSI JALAN BERKESELAMATAN DAN BERKEPASTIAN HUKUM

PKTJ TEGAL MENGADAKAN BEDAH BUKU UJI LAIK FUNGSI JALAN BERKESELAMATAN DAN BERKEPASTIAN HUKUM

Perpustakan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal menyelenggarakan kegiatan bedah buku "Uji Laik Fungsi Jalan Berkeselamatan dan Berkepastian Hukum” karya Prof. Agus Taufik Mulyono (ATM) dari penerbit UGM Press, dalam rangka memperingati Hari Gerakan Membaca Nasional pada Jumat (28/10) di Aula PKTJ Tegal, Jawa Tengah.

Acara tersebut menghadirkan narasumber yaitu Prof. Dr. lr Agus Taufik Mulyono, ST.,MT.,1PU.,ASEAN.Eng (Prof. ATM) selaku penulis buku. Sesi pembedah buku menghadirkan berbagai stakeholders penyelenggaraan jalan di Indonesia yang membahas buku dari berbagai aspek. Para pembedah buku diantaranya adalah Ahmad Wildan, S.SiT., M.T. (Profesional Safety Investigator) dan Dr. Agus Sahri, ATD, MT. (Akademisi PKTJ).

Prof. ATM mengatakan secara global, lebih dari 1,35 juta jiwa meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas setiap tahun selama dasawarsa terakhir. Kecelakaan lalulintas menjadi penyebab utama kematian anak-anak dan anak muda usia remaja, sekaligus penyebab kematian ke delapan terbesar untuk semua umur. Kerugian ekonomi akibat kecelakaan lalulintas pada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah rata-rata sebesar 5% dari GDP. Secara nasional, berdasar data Global Status Report of Road Safety dari WHO tahun 2018, terkait keselamatan jalan dan kecelakaan lalu lintas, Indonesia menempati posisi 5 terbaik di negara ASEAN dengan nilai indeks fatalitas 2,47. "Buku ini dapat bermanfaat sebagai referensi ilmiah dan praktis bagi penyelenggara jalan, praktisi jalan, dosen/pengajar ilmu infrastruktur jalan, peneliti bidang infrastruktur jalan, dan mahasiswa yang mendalami ilmu bangunan jalan dalam upaya mewujudkan jalan yang berkeselamatan dan berkepastian hukum," ujar Prof. ATM.

Bambang Istiyanto, S.Si., M.T. sebagai Wakil Direktur 3 PKT Tegal dan juga selaku moderator dalam acara ini, mengungkapkan bahwa Buku ini secara rinci telah menjelaskan urutan prosedur pelaksanaan Uji Laik Fungsi Jalan (ULFJ), sehingga layak dijadikan referensi bagi taruna dan taruni dan dosen PKT Tegal, terutama untuk pembinaan teknis bagi yang terlibat langsung dalam proses uji laik fungsi jalan. "Buku ini wajib dijadikan sebagai bahan ajar pada kegiatan pendidikan di PKTJ Tegal,” ungkap Bambang. 

Acara yang diinisasi oleh Perpustakaan PKTJ Tegal bekerjasama dengan UGM Press tersebut diikuti secara antusias oleh lebih dari 400 peserta taruna dan taruni serta dosen. Melalui gerakan nasional gemar membaca, Supriatin, S.SiT. selaku Kepala Unit Perpustakaan PKTJ Tegal mengajak kepada taruna dan taruni PKTJ Tegal untuk kembali menggalakkan budaya membaca buku. "Saya mengajak masyarakat untuk membaca. Dari lingkungan terkecil, keluarga dirumah, kampus, kantor dan di berbagai kesempatan yang ada," tutur Supriatin.

Di akhir acara, Penyerahan Cinderamata dari Prof. ATM kepada I Made Suartika, ATD.,M.Eng.Sc (Direktur PKTJ) berupa buku "Uji Laik Fungsi Jalan Berkeselamatan dan Berkepastian Hukum” dan penyerahan Cinderamata dari PKTJ kepada narasumber dan pembedah dan pemberian doorprize berupa buku dari UGM Press kepada tiga penanya terbaik. [Irwan/UGM Press]