Tanggal Posting

  • June 18, 2021

Share

PERPUSTAKAAN FAKULTAS BIOLOGI UGM BEKERJASAMA DENGAN UGM PRESS MENGADAKAN BEDAH BUKU VIRTUAL “KARAKTERISASI DAN KEANEKARAGAMAN GENETIK AYAM LOKAL INDONESIA”

PERPUSTAKAAN FAKULTAS BIOLOGI UGM BEKERJASAMA DENGAN UGM PRESS MENGADAKAN BEDAH BUKU VIRTUAL “KARAKTERISASI DAN KEANEKARAGAMAN GENETIK AYAM LOKAL INDONESIA”

Kegiatan Bedah Buku Virtual untuk mengulas sebuah buku karya Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M. Agr. Sc dan Ayudha Bahana Ilham Perdamaian, S.Si, M.Sc. yang berjudul “Karakterisasi dan Keanekaragaman Genetik Ayam Lokal Indonesia” terbitan UGM Press tahun 2019. Bedah Buku Virtual dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2021.berlangsung secara daring melalui zoom meeting dengan dihadiri sekitar 162 peserta dari seluruh Indonesia. Penyelenggaraan Bedah buku ini diketuai Bapak Drs. Ign. Sudaryadi, M.Kes. selaku PJ. Perpustakaan Biologi UGM didukung penuh oleh Panitia Dies ke 66 Fakultas Biologi UGM dengan Ketuanya adalah Bapak Abdul Razaq Chasani, S.Si., M.Si., Ph.D yang telah berkenan membuka dan menyambut acara ini. Bedah Buku ini mengundang dua narasumber yaitu Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. sebagai penulis buku dan Bapak Heru Saptono, S.Tp., M.M, sebagai pembedah buku yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman-DIY. Kegiatan ini terlaksana dengan melibatkan kerjasama UGM Press dibawah Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada (BPP UGM). Prof. Dr. Widodo Hadi Saputra, M. Sc. selaku kepala BPP UGM turut berkenan juga menyambut Acara Bedah Buku ini dengan memberikan apresiasi dan atensi yang bagus terkait dengan banyaknya buku-buku karya dosen Fakultas Biologi yang telah diterbitkan oleh UGM Press. Dipaparkan beliau bahwa publikasi buku yang telah dilakukan oleh para Dosen Fakultas Biologi telah mencapai 11 buku karya terbitan UGM Press dalam lima tahun terakhir ini.

Acara yang  berlangsung  secara daring dimulai  dari pukul 09.00 s.d 11.30 WIB melalui aplikasi zoom meeting terintegrasi secara live juga melalui kanal youtube Ilmu pengetahuan Fakultas Biologi UGM. Dijelaskan oleh Prof. Budi bahwa buku yang dibedah adalah merupakan buku yang menjelaskan mengenai perjalanan riset bagaimana “perakitan” Gama Ayam memulai proses penelitiannya sejak tahun 2006. Tim Riset Gama Ayam yang dibentuk ini merupakan kolaborasi penelitian Tim Dosen Gama Ayam Fakultas Biologi dan dengan Dosen Peneliti dari Fakultas Peternakan UGM.

Pemaparan “review” buku ini dilakukan oleh Bpk. Heru Saptono, S.Tp., M.M, dengan begitu naratif dan konstruktif dalam pemaparannya sehingga menjadi inspirasi yang bagus untuk berlanjutnya terbitan buku baru kedepannya. Acara Bedah Buku berlangsung sangat  kondusif, lancar dan meriah tak lain karena peran moderator yang komunikatif oleh Bpk. Soenarwan Hery Poerwanto, S.Si., M.Kes. Terlebih selama sesi diskusi telah berlangsung dengan begitu menarik dan suasana santai dalam mengakomodasi pertanyaan-pertanyaan dari peserta daring acara ini dalam kasus-kasus terkait “varian” ayam-ayam lokal (asli) Indonesia. Setelah sesi diskusi selesai dilanjutkan acara pembagian doorprize sebagai penutup kegiatan Bedah Buku ini. Pengundian doorprize bagi peserta daring yang beruntung dilakukan dengan sistem pengundian digital secara acak. Acara ini dalam rangka memperingati Dies ke 66 Fakultas Biologi dan dapat terlaksana dengan baik dan lancar tidak lepas dari peran pendukung/sponsor yaitu Pengurus Fakulas (PF), UGM Press, Manna (Mirota) Kampus dan Biomart Fakultas Biologi UGM. (rusna-krida-ddt/Biologi UGM)