Tanggal Posting

  • October 20, 2016

Share

MEMBONGKAR REZIM POLITIK KEHUTANAN

MEMBONGKAR REZIM POLITIK KEHUTANAN

Kamis, 20 Oktober 2016

UGM Press, Yogyakarta - Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada bersama UGM Press mengadakan bedah buku. Adapun buku yang dibedah berjudul Rejim Politik Kehutanan Internasional karya Ahmad Maryudi, Kepala Departemen Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Bertempat di Ruang Multimedia, bedah buku ini menghadirkan Ahmad Maryudi selaku penulis buku ini,  Totok Dwi Diantoro selaku dosen Hukum yang fokus pada kebijakan lingkungan, dan Fahmi Idris selaku mahasiswa Kepala seksi Keilmuan Keluarga Mahasiswa Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.

 Pada buku tersebut dibahas mengenai kebijakan politik kehutanan. Buku tersebut membawa satu khazanah yang menegaskan kebijakan yang ada di Indonesia tidak lepas dari narasi nasional, yaitu rezim politik kehutanan internasional. Tidak dapat dipungkiri bahwa pengelolaan hutan tidak lepas dari politik internasional. Dilatarbelakangi oleh permasalahan krusial (deforestasi), muncul masalah lain (kompleks sosial, universal), politik kehutanan menjawab pengelolaan hutan secara arif.

Tinjauan permasalahan kehutanan yang disampaikan oleh Pak Maryudi didukung oleh kajian hukum. Dari segi hukum memang banyak sekali sektor kehutanan yang saat ini menjadi hal yang sedang hangat dibicarakan. Penegakan hukum yang lemah menjadi salah satu penyebab berkuasanya para pemilik usaha berbasis kehutanan yang mengalahkan kepentingan lingkungan dan masyarakat sekitar. Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan Fahmi bahwa hutan yang seharusnya patut dimiliki Indonesia ini mampu dikelola secara arif bila implementasi di tingkat nasional mampu dijalankan.

Terdapat 29 partisipan yang mengikuti bedah buku ini. Menurut Ake Widowati, seorang pengunjung bedah buku dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, pengadaan bedah buku ini sangat diperlukan bagi kalangan mahasiswa. Sebab dengan adanya bedah buku, kita dapat mengetahui isi atau inti sari dari buku yang terkait, serta mampu melihat tinjauan buku dari berbagai sudut pandang.