Tanggal Posting

  • March 09, 2021

Share

LAUNCHING DAN BEDAH BUKU “PENGALAMAN MELEMBAGAKAN INOVASI”

LAUNCHING DAN BEDAH BUKU “PENGALAMAN MELEMBAGAKAN INOVASI”

Selasa, 9 Maret 2021 Direktorat Penelitian Universitas Gadjah Mada berkolaborasi dengan Badan Penerbit dan Publikasi UGM dan UGM Press menyelenggarakan launching dan bedah buku Pengalaman Melembagakan Inovasi secara nasional. Buku Pengalaman Melembagakan Inovasi merupakan karya akademik yang dikemas dalam  bingkai riset aksi (action research) para kontributor secara kolektif dalam menorehkan pemikiran konstruktif mengenai reka-baru atau inovasi dan praktik nyata di UGM.

Terbitnya buku ini menjawab keinginan publik yang begitu besar terhadap inovasi perguruan tinggi dan kebutuhan pengawalan tata pamong (governance) yang baik terkait proses, strategi, sistem, dan struktur kelembagaan yang mewadahi kreativitas inovasi yang berkembang di kampus.

Acara launching yang diselenggarakan secara daring ini dibuka oleh Direktur Penelitian UGM, Prof. Dr. Mustofa, Apt., M.Kes. yang dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar perguruan tinggi bisa menjadi salah satu institusi yang meningkatkan kapasitas inovasi di Indonesia. Pada hal ini, UGM khususnya diharapkan  bisa  menjadi universitas yang terus menjulang  tinggi  dengan  inovasi-inovasi yang mampu diakui  secara global dengan tetap mengakar  kuat pada nilai-nilai budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

Kegiatan bedah buku ini dipandu pewara dari Kantor Humas UGM, Riandhika Adityawan, A.Md. dan dimoderatori oleh Sang Kompiang Wirawan, S.T., M.T., Ph.D. dari Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM. Acara ini menghadirkan narasumber dari Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM sekaligus editor penulis buku, drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D., dan Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM selaku editor penulis buku, Dr. Hargo Utomo, M.B.A. Untuk pembedah buku, hadir  Direktur Pengembangan Teknologi Industri dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, Dr.Eng. Hotmatua Daulay, M.Eng., B.Eng., dan Direktur Utama PT. Yogya Presisi Tehnikatama Industri, Petrus Tedja Hapsoro.

Dr. I Wayan Mustika selaku Manajer UGM Press mengapresiasi penuh atas kegiatan bedah buku ini. "Buku ini akan banyak membagikan dan mendiskusikan lebih lanjut terkait pengalaman empiris yang dialami para peneliti dalam melembagakan inovasinya berserta tantangannya, agar inovasi-inovasi tersebut dapat lebih dekat dan dirasakan langsung oleh masyarakat secara luas.," kata Dr. Wayan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan pemberian doorprize sebagai rangkaian acara terakhir kepada 10 peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik di kolom komentar dan mampu menjawab pertanyaan yang disediakan oleh narasumber maupun pembedah buku. Mereka mendapatkan masing-masing satu buku Pengalaman Melembagakan Inovasi persembahan dari UGM Press. [Irwan & Kiki]