Tanggal Posting

  • September 01, 2022

Share

FK-KMK UGM GELAR BEDAH BUKU SISTEM PERNAPASAN

FK-KMK UGM GELAR BEDAH BUKU SISTEM PERNAPASAN

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM kembali menggelar agenda bedah buku Comprehensive Biomedical Sciences: Sistem Respirasi, Rabu (31/8) yang digelar secara daring, dengan menghadirkan narasumber: dr. M. Saifudin Hakim, MSc., PhD selaku perwakilan tim penulis buku, beserta 2 pembedah: pakar Fisiologi FK-KMK UGM, dr. Siswanto, Sp.P; dan pakar Ilmu Penyakit Dalam, dr. Nur rahmi Ananda, SpPD-KP.

“Buku ini terbit di waktu yang sangat pas di mana kebutuhan akan pemahaman sistem respirasi sangat besar karena adanya pandemi COVID-19, yang lekat dengan penyakit sistem respirasi. Kami mengapresiasi penerbitan buku ini untuk memperkuat reputasi fakultas di bidang pendidikan kedokteran dan mampu menyediakan rujukan kredibel bagi mahasiswa terkait sistem respirasi,” ungkap Dekan FK-KMK UGM, dr. Yodi Mahendradhata, MSc., PhD., FRSPH.

Sistem respirasi merupakan sistem vital untuk mengatur asupan oksigen bagi kebutuhan metabolisme tubuh serta membuang sampah metabolisme manusia. Sistem yang terus beroperasi ini tentu memiliki kompleksitasnya tersendiri.

Secara khusus, buku Comprehensive Biomedical Sciences Sistem Respirasi ini memaparkan secara terperinci mengenai struktur makro dan mikro organ-organ sistem respiratorius yang meliputi saluran napas atas, saluran napas bawah, organ, dan jaringan pendukungnya. Buku ini berupaya untuk mengajak para mahasiswa, klinisi, peneliti maupun praktisi mampu melihat sistem respirasi dari beragam aspek secara komprehensif, mulai dari Anatomi, Histologi, Fisiologi, Biokimia, Mikrobiologi Bakteri, Virologi, Mikologi, hingga Patologi hingga Farmakologi. Peningkatan proses nalar berpikir ilmiah, komprehensif dan sistematis inilah yang menjadi tujuan utama penyusunan buku ini.

“Rata-rata FK-KMK UGM dalam satu tahun bisa menerbitkan 14-15 buku bidang kesehatan. Hadirnya buku ini akan memperkaya khasanah keilmuan di dunia kedokteran dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” ungkap Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng.

Dokter Hakim dalam paparannya menekankan bahwa penyusunan buku serial dalam bidang basic biomedical sciences ini secara komprehensif menjadi upaya untuk meningkatkan proses nalar berpikir ilmiah yang sistematis.

“Penulisan buku ini melibatkan tim dari departemen anatomi, histologi, fisiologi, biokimia, farmakologi, patologi anatomi, patologi klinik maupun mikrobiologi. Pembahasannya lebih komprehensif dari struktur makroskopik mikroskopik histologi untuk menunjang sistem respirasi terutama pertukaran gas di dalamnya,” ungkap dr. Hakim.

Dr. Siswanto selaku pembedah pertama mengapresiasi karya buku Sistem Respirasi ini sebagai sebuah buku komprehensif basic to clinic, bukan kapita selekta dan bukan “guidelines”. Sedangkan dr. Nanda dalam kesempatan ini menyebutkan beberapa kemanfaatan buku dalam penerapan klinis di antaranya adalah sampling specimen pada penyakit infeksi; tindakan medik: bronkoskopi dan AJH/biopsy paru; dan terapi yang disesuaikan dengan kausa, individual, dan targeted. (Wiwin/IRO)