Tanggal Posting

  • October 04, 2023

Share

FK-KMK UGM GELAR BEDAH BUKU KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (CAPAIAN PEMBELAJARAN) UNTUK PENDIDIKAN KEDOKTERAN DAN PROFESI KESEHATAN

FK-KMK UGM GELAR BEDAH BUKU KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (CAPAIAN PEMBELAJARAN) UNTUK PENDIDIKAN KEDOKTERAN DAN PROFESI KESEHATAN

FK-KMK UGM, melalui UGM Press, menggelar acara Bedah Buku Kurikulum Berbasis Kompetensi (Capaian Pembelajaran) untuk Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan: Implikasi Kebijakan dan Tantangan Implementasi karya Prof. dr. Rr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA, M.Med.Ed., Ph.D dari Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika FK-KMK UGM. Acara tersebut berlangsung pada Rabu (4/10) di Auditorium lantai 1 Gedung Pascasarjana Tahir FK-KMK UGM.

Dalam latar belakang penulisan buku ini, terungkap adanya perubahan filosofi pendidikan yang memperkenalkan personalized learning and accountability. Perubahan ini bertujuan membentuk mahasiswa yang tidak hanya pintar tetapi juga mampu mengamalkan ilmunya dalam masyarakat.

Buku ini menguraikan bahwa kurikulum pendidikan profesi kedokteran akan menerapkan dua pendekatan utama, yaitu CBME (Community-based Medical Education) dan OBE (Outcome-Based Education). Pendekatan CBME didasarkan pada teori pengembangan keahlian (Expertise Development) dan pengalaman kehidupan nyata (Real-life Experiences).

Dalam teori pengembangan keahlian, fokus diberikan pada kegiatan profesional yang dapat dipertanggungjawabkan, pembelajaran mendalam, dan penguasaan materi. Sementara itu, teori pengalaman kehidupan nyata mengedepankan pembelajaran berbasis praktik, situasi khusus, dan identitas profesional.

Namun, transformasi kurikulum ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk aspek operasional, kepraktisan, pelaksanaan, administrasi, dan logistik. Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan. Diharapkan, kurikulum terbaru ini akan melahirkan dokter-dokter yang siap praktik dengan kualitas terbaik.

Sementara itu, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng., Plt. Manajer UGM Press, menyambut antusias acara Bedah Buku Kurikulum Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan oleh FK-KMK UGM. Dalam komentarnya, Dr. Wayan mengungkapkan kebanggaannya terhadap kerjasama yang terjalin antara UGM Press dan FK-KMK UGM dalam menghadirkan acara ini kepada para peserta.

"Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan FK-KMK UGM untuk menyelenggarakan acara ini. Buku ini bukan hanya sekadar teks, tetapi sebuah sumber pengetahuan yang berharga bagi para calon dokter dan tenaga kesehatan. Melalui diskon buku khusus kami berikan pada peserta untuk kegiatan tersebut, kami berharap lebih banyak orang dapat mengakses dan memanfaatkan isi buku ini untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang kurikulum berbasis kompetensi dalam pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan.," kata Dr. Wayan.

Selain itu, pada acara tersebut, UGM Press membuka stan buku dengan memberikan diskon khusus bagi para peserta. UGM Press berharap melalui kegiatan ini, pengetahuan tentang kurikulum berbasis kompetensi dapat tersebar luas dan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan. [Irwan/UGM Press]