Tanggal Posting

  • October 22, 2020

Share

FK-KMK UGM GELAR BEDAH BUKU CLINICAL DECISION MAKING SERIES : DERMATOLOGI DAN VENEREOLOGI

FK-KMK UGM GELAR BEDAH BUKU CLINICAL DECISION MAKING SERIES : DERMATOLOGI DAN VENEREOLOGI

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan kegiatan bedah buku dengan judul Clinical Decision Making Series: Dermatologi dan Venereologi, Kamis (22/10) secara daring dan luring di Ruang Auditorium Gedung Pascasarjana Tahir Foundation. Buku yang ditulis oleh dokter spesialis kulit dan kelamin dosen FK-KMK UGM ini disusun untuk mempermudah dokter umum dalam melakukan tata laksana kasus-kasus penyakit kulit dan kelamin yang harus dikuasai.

Dekan FK-KMK UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K)., dalam sambutannya mengungkapkan harapannya agar buku ini dapat memperkaya buku ajar Pendidikan Dokter. “Kita berharap buku ini bermanfaat untuk memandu para dokter dalam mengembangkan kemampuannya untuk membuat diagnosis dan manajemen yang tepat. Buku ini menggunakan literatur terkini sehingga diharapkan sesuai dengan update informasi medis. Penyajian buku ini juga berbasis gejala atau keluhan, oleh karenanya sangat bermanfaat dan sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia”, jelasnya.

Kepala Badan Penerbit dan Publikasi UGM, Widodo, M.Sc., Ph.D., juga hadir dalam kegiatan bedah buku. Beliau mengucapkan selamat pada FK-KMK yang telah menerbitkan buku di UGM Press. “Tahun ini FK-KMK sudah menerbitkan 15 buku. Ini merupakan capaian luar biasa. Harapannya karya-karya dari FK-KMK selalu hadir memperkaya pengetahuan dan buku ajar. Selamat kepada FK-KMK, kami tunggu buku-buku karya yang lain untuk memperkaya buku kesehatan”, ungkap Widodo.

Kegiatan bedah buku yang dimoderatori oleh dr. Dyah Ayu Mira Oktarina, Ph.D, Sp.KK ini menghadirkan pakar Dermatologi dan Venereologi sekaligus salah satu penulis buku, Dr. Med. dr. Retno Danarti, Sp.KK(K). Juga menghadirkan Kepala Departemen Dermatologi dan Venereologi FK-KMK UGM, dr. Fajar Waskito, Sp.KK(K), M.Kes. dan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bantul, dr. Fauzan.

“Kami ingin membuat buku yang membantu mahasiswa S-1/koas maupun residen untuk bisa memahami dengan mudah pasien yang datang kepada dokter dengan keluhan-keluhannya. Buku ini dibuat berdasarkan symtomatic approach, sehingga diharapkan penjelasan dalam buku ini dapat membantu pengambilan keputusan klinik oleh mahasiswa S-1/koas maupun residen serta dokter di fasyankes”, jelas dr. Retno Danarti.

Dalam pembahasan buku, juga disajikan beberapa ilustrasi kasus disertai foto dan algoritma pengambilan keputusan dalam dermatologi dan venereologi sehingga sangat membantu para pembaca. dr. Fajar juga mengungkapkan bahwa buku yang sangat praktis untuk digunakan ini, merupakan buku pertama di Indonesia dengan pendekatan symtomatic approach.

Hal tersebut juga ditegaskan dr. Fauzan selaku praktisi, beliau mengungkapkan bahwa buku ini sangat praktis dan sangat membantu. Buku ini berbasis dari symptom sehingga sangat cepat untuk mencari diagnostik yang sesuai.

Buku Clinical Decision Making Series: Dermatologi dan Venereologi ini disusun oleh dokter spesialis kulit dan kelamin dan dosen FK-KMK UGM, Dr. Med. dr. Retno Danarti, Sp.KK(K)., dr. Arief Budiyanto, Ph.D.Sp.KK(K)., Dr. dr. Satiti Retno Pudjiati, Sp.KK(K)., dr. Agnes Sri Siswati, Sp.KK(K)., dr. Sri Awalia Febriana, M.Kes., Sp.KK(K)., Ph.D., dan dr. Tuntas Rayinda, M.Sc., Sp.DV. 

Link berita: https://fk.ugm.ac.id/fk-kmk-ugm-gelar-bedah-buku-clinical-decision-making-series-dermatologi-dan-venereologi/