Tanggal Posting

  • February 27, 2021

Share

BUKU UGM PRESS MENYEMARAKKAN ARABIC CORNER #4

BUKU UGM PRESS MENYEMARAKKAN ARABIC CORNER #4

Tiga kali penyelenggaraan kajian linguistic Arab “Arabic Corner” mendapatkan sambutan hangat masyarakat. Dalam dua minggu, kegiatan Arabic Corner #3 melalui FB RadioMu jangkauan 2.964, penonton 2.896, interaksi 174. Melalui twitter 95 penonton, sedangkan melalui youtube 733 tayangan.

Pada kajian Arabic Corner #4 yang diselenggarakan Sabtu, 27 Februari 2021, UGM Press turut andil menyemarakkan acara dengan menyediakan 10 doorprize buku yang ditulis oleh narasumber. Prof. Dr. Sangidu, M.Hum. Topik yang dibahas Guru Besar Sastra Arab UGM ini adalah “Relevansi Studi Bahasa Arab untuk Studi Sastra Arab”. Adapun kedua buku tersebut adalah “Strukturalisme dalam Sastra Arab: Teori dan Aplikasinya” dan “Tugas Filolog: Teori dan Aplikasinya dalam Naskah-Naskah Melayu”.

Acara ini biasanya berlangsung 90 menit, namun pada edisi keempat diskusi cukup ramai, hingga berjalan menjadi 120 menit. Moderator Arabic Corner #4, Ibu Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag. Ketua Proram S3 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyambut baik kajian ini. Tepat waktu beliau hadir di studio RadioMu.

Alhamdulillah, peminat studi linguistic Arab tampaknya semakin bertambah. Pada saat pelaksanaan, total simpatisan Arabic Corner #4 di berbagai platform mencapai 758. Spesifikasinya antara lain di Zoom 61, Youtube 55, Twitter 49 dan Facebook 544. Ini menjadi alasan kuat bagi penyelenggara untuk terus menyempurnakan kajian Arabic Corner.

Prof. Sangidu dalam presentasinya menekankan pentingnya pemahaman bahasa Arab untuk studi Sastra Arab. Kosakata dalam karya sastra Arab akan dapat difahami maknanya secara utuh apabila didukung penguasaan terhadap bahasa Arab. Adapun Prof. Dr. Syamsul Hadi, S.U., M.A., selaku penggagas Arabic Corner menyatakan bangga dan bahagia dengan terselenggaranya acara ini, juga melihat respon masyarakat.

UGM Press sebagai penerbit buku berkualitas mendukung program ini sebab sejalan dengan tujuan UGM Press. UGM Press berkomitmen untuk mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa, khususnya dalam bidang Pendidikan. Maka dari itu, UGM Press melihat program siaran Arabic Corner sebagai salah satu sarana yang juga turut mendukung pendidikan. Arabic Corner membantu masyarakat umum belajar Bahasa Arab melalui narasumber yang berkualitas dan dilakukan secara interaktif melalui berbagai platform, termasuk siaran radio. [Sri Lestari Linawati]

Link siaran: http://ugm.id/ArabicCorner4