Tanggal Posting

  • November 10, 2023

Share

BOOK LAUNCHING AND AFTERNOON MUSIC IWAN DWIPRAHASTO SANG GURU

BOOK LAUNCHING AND AFTERNOON MUSIC  IWAN DWIPRAHASTO SANG GURU

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan kegiatan Book Launching and Afternoon Music "Iwan Dwiprahasto Sang Guru", Jumat (10/10) secara daring dan luring di Ruang Auditorium FK-KMK UGM. Buku yang ditulis oleh Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D, buku ini ini mengisahkan perjalanan hidup dan kontribusi Prof. Iwan Dwiprahasto dalam dunia pendidikan dan kesehatan.

Dekan FK-KMK UGM, Prof. dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D. FRSPH., dalam sambutannya mengungkapkan sebagai personal, Prof Iwan Dwiprahasto dikenal dengan karakternya yang rendah hati, dan selalu menghargai orang lain dari berbagai kalangan masyarakat. Ia senang menyapa setiap orang yang dijumpainya dengan senyumnya yang khas, menyejukkan hati dan sapaah ramahnya. "Tutur katanya yang halus namun tegas menjadi jurus utamanya dalam menghadapi berbagai situasi kritis sekalipun. Misalnya ketika menanggapi reaksi mahasiswa yang dialaminya ketika menjalankan amanah sebagai Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan di Fakultas dan Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan di UGM, ataupun di forum-forum nasional yang dipimpinnya dalam pembahasan mengenai kebijakan obat dan teknologi. Selingan gurauan segar yang sering dilontarkannya menjadikan setiap interaksi dengan Prof Iwan Dwiprahasto selalu terasa segar, menyenangkan, dan mengesankan", jelasnya.

Plt. Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng., juga hadir dalam kegiatan launching buku. Beliau mengucapkan Perjalanan Prof Iwan Dwiprahasto yang tertuang dalam buku ini diharapkan menjadi suatu media yang dapat menginspirasi kalangan akademisi dan masyarakat pembaca. "Buku ini dapat menanamkan semangat kemanusiaan, komitmen untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan, dan keteladanan dalam menjalankan profesi luhur dosen", ungkap Dr. Wayan.

Kegiatan bedah buku yang dimoderatori oleh Dr. dr. Jodi Visnu, MPH., ini menghadirkan penulis buku, Prof. dr. Adi Utarini, MSc, MPH, PhD., Juga menghadirkan pembahas Dr. dr. Djayanti Sari, M.Kes, Sp.An, KAP, dan dr. Datu Respatika, Ph.D, Sp.M. 

"Buku ini ditulis sebagai ungkapan rasa cinta dan kerinduan dari istri, anak. dan keluarga besar atas 1000 hari kepergian Mas Iwan. Semoga buku ini mendapat tempat di hati dan mendorong kita semua melanjutkan mimpi dalam kehidupan sekarang dan menguatkan bekal menjalani kehidupan yang abadi", jelas Prof. dr. Adi Utarini.

Kegiatan ini juga menampilkan sesi Afternoon Music untuk memberikan nuansa yang lebih hangat dan UGM Press membuka stan buku dengan memberikan diskon khusus bagi para peserta. [Irwan/UGM Press]