Photograph

Share

Husain Latuconsina

Husain Latuconsina dilahirkan di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada 14 Mei 1979. Putra dari pasangan Hi. Dj. Latuconsina (ayah) dengan Hj. Umi Latuconsina (ibu), dan menikah dengan Ivatul Laily Kurniawati, S.Pd., M.Pd. sejak tahun 2016, dikaruniai seorang putra yang diberi nama Muhammad Rizq R. Latuconsina.

Menempuh pendidikan dasar SD N. 6 Masohi (1986–1992), pendidikan menengah SMP N. 6 Ambon (1992–1995), SMU N. 2 Ambon (1995–1998), dan melanjutkan pendidikan tinggi S-1 (S.Pi.) pada Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin-Makassar (1999–2003) dengan kajian Skripsi bidang “Koservasi Sumberdaya Hayati Perairan”. S-2 Magister (M.Si.) pada Program Studi Ilmu Perikanan, Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar (2009–2011) dengan kajian Tesis bidang “Ekologi Ikan”, dan sejak Tahun 2017 melanjutkan studi S-3 (Doktoral) pada Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, dengan kajian Disertasi bidang “Ekobiologi dan Genetika Populasi Ikan”.

Terdaftar sebagai staf dosen pada Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Darussalam Ambon sejak tahun 2006, dosen sertifikasi sejak tahun 2013, dengan pangkat fungsional akademik Lektor Kepala sejak tahun 2014.

Sebagai staf dosen aktif menjalankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: (i) Bidang Pengajaran; mengasuh mata kuliah Ekologi Perairan, Iktiologi, Biologi Perikanan, AMDAL Perairan, dan Manajemen Sumber Daya Perikanan, (ii) Bidang Penelitian; aktif melakukan penelitian terkait ekologi perairan tropis dengan fokus kajian ekobilogi sumber daya hayati ikan yang dibiayai oleh: Universitas Darussalam Ambon, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, Kopertis Wil. XII, Dirjen Pendidikan Tinggi–KEMENRISTEKDIKTI, Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP II), dan Kementerian Kelautan & Perikanan, (iii) Bidang Pengabdian kepada Masyarakat; aktif sebagai narasumber, instruktur dan supervisor pada program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKN), serta narasumber pada berbagai kegiatan kemahasiswaan dan sosial kemasyarakatan bidang kelautan dan perikanan serta lingkungan hidup.

Penulis aktif dalam berbagai pertemuan ilmiah nasional maupun internasional sebagai peserta maupun pemakalah yang diselenggarakan berbagai universitas dan organisasi profesi di Indonesia, dan aktif menulis pada jurnal nasional dan internasional untuk kajian ekologi perairan dan manajemen sumber daya perikanan, serta menulis pada media cetak lokal di Kota Ambon terkait isu-isu kelautan dan perikanan kontemporer.

Penulis juga terlibat aktif pada berbagai organisasi profesi di Indonesia, seperti: (i) Masyarakat Iktiologi Indonesia (MII) sebagai koordinator wilayah Maluku-Maluku Utara (periode kepengurusan 2014–2018), (ii) Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI), (iii) Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia (HAPPI), (iv) Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) cabang Maluku sebagai anggota dewan pakar dan profesi bidang Manajemen Sumber Daya Perairan (periode kepengurusan 2016–2020), dan pernah menjadi Anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Maluku pada tahun 2015.

Buku Ekologi Perairan Tropis: Prinsip Dasar Pengelolaan Sumber Daya Hayati Perairan merupakan karya perdana penulis yang diterbitkan pertama kali oleh penerbit Deepublish pada Tahun 2013 dan merupakan salah satu buku pemenang Hibah Insentif Buku Ajar (buku terbit) Tahun 2015 dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan–KEMENRSITEKDIKTI. Buku ini direvisi dan diterbitkan kembali serta didistribusikan secara luas di seluruh wilayah Indonesia pada Tahun 2016 oleh penerbit UGM Press.

Penulis dapat dihubungi melalui email husainlatuconsina@ymail.com