Tanggal Posting

  • March 02, 2018

Share

WORKSHOP PENULISAN BUKU DAN BENGKEL MANUSKRIP

WORKSHOP PENULISAN BUKU DAN BENGKEL MANUSKRIP

Dalam mengemban tugasnya menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, sebuah perguruan tinggi dituntut untuk tidak hanya menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten di bidangnya, tetapi juga memberikan produk penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat. Hasil-hasil penelitian itu  dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya dalam bentuk publikasi. Selain itu, kuantitas dan kualitas publikasi juga menjadi salah satu parameter dalam penentuan akreditasi perguruan tinggi.

Melihat begitu pentingnya peran publikasi bagi sebuah perguruan tinggi, Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada (termasuk di dalamnya UGM Press) berinisiatif mengadakan workshop penulisan buku dan bengkel manuskrip bagi dosen dan tenaga kependidikan. Acara ini diadakan pada 1–2 Maret 2018, bertempat di Ruang Multimedia 2 Gedung Pusat UGM. Dalam acara ini hadir Prof. Dr. Bambang Purwanto, M.A. selaku narasumber. Acara ini bertujuan untuk memotivasi dosen dan tenaga kependidikan untuk menulis dan memublikasikan karyanya (terutama buku), menyapa mereka sebagai calon-calon penulis potensial, dan mendekatkan mereka dengan UGM Press selaku penerbit perguruan tinggi.

Program workshop kepenulisan dan bengkel manuskrip ini rutin dilakukan oleh Badan Penerbit dan Publikasi UGM satu tahun sekali. Namun, ini bukanlah satu-satunya kegiatan pelatihan dan pengenalan yang diadakan oleh UGM Press. UGM Press juga  pernah diundang untuk memberikan materi pelatihan sebagai bagian acara yang dilakukan oleh kelompok studi atau departemen yang ada di Universitas Gadjah Mada. Dengan dibangunnya relasi yang baik antara UGM Press dan civitas akademika UGM, diharapkan akan tercipta iklim yang kondusif untuk penulisan publikasi, terutama dalam bentuk buku. (UGM Press/sam)