Fatkurrohman

Fatkurrohman atau nama lengkapnya adalah Muhammad Fatkurrohman Turmudzi lahir di desa Poncoharjo, Bonang, Demak, Jawa Tengah pada tanggal 22 Januari 1979 dari pasangan suami-istri yang berbahagia, H. Turmudzi Siddiq dan Hj. Munhanah Turmudzi. Lulus pendidikan Sekolah Dasar (SD II Poncoharjo) pada tahun 1990 dan Sekolah Menengah Pertama (SMP 5 Demak) pada tahun 1993. Pada tahun 1995, melanjutkan studi di SMU Pawwyatan Daha Kediri dan selesai pada tahun 1998 dan menyabet rangking 1 selama menimba ilmu di SMU tersebut dan pernah menjuarai lomba penulisan essay di tingkat SMU. Selain menuntut ilmu di SMU, juga nyantri di Pondok Pesantren Al Islah, Bandarkidul, Kediri dalam asuhan KH. Thoha Muidz.

Pada tahun 1998, hijrah ke kota pelajar, Yogyakarta, dengan melanjutkan studi tingkat lanjut di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2005 dengan predikat lulusan terbaik universitas dengan IPK 4,00 dengan rentang studi 3 tahun 7 bulan dalam sejarah berdirinya UMY. Selama menimba ilmu di UMY, juga menuntut ilmu di Pondok Pesantren Almunawwir Krapyak Yogyakarta. Pada tahun 2006, melanjutkan master (S2) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam program studi Ilmu Politik konsentrasi Ilmu Hubungan Internasional dan lulus pada tanggal 12 desember 2007 dengan predikat cumm laude.

Selain prestasi akademik yang membanggakan, penulis juga terlibat aktif dalam dunia tulis menulis di media massa, buku, dan jurnal. Banyak tulisan yang telah dimuat di koran lokal maupun nasional seperti Bernas, Kedaulatan Rakyat, Jawa Pos, dan Suara Merdeka. Bahkan terkait dengan dunia tulisnya, penulis juga pernah diwawancarai oleh radio SBS Melbourne, Australia. Sementara karya-karya yang sudah dibukukan di antaranya adalah 100 Tahun Kebangkitan Nasional dalam Berbagai Perspektiff (2007), Percikan Pemikiran Untuk Indonesia Baruf (2009), dan Pemanasan Global dan Lobang Ozon: Bencana Masa Depanf (2009). Selain itu, juga aktif sebagai keynote speaker di seminar lokal, nasional maupun internasional.

Kegiatan sekarang adalah dosen di program studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Penulis dapat dihubungi lewat e-mail: mhfat21@yahoo.com/fat.ugm@gmail.com/fatkur@ugm.ac.id.