UGM PRESS DAN PATTIMURA UNIVERSITY PRESS: SALING BELAJAR
Details
  • April 12, 2018

UGM PRESS DAN PATTIMURA UNIVERSITY PRESS: SALING BELAJAR

Telah dua kali ini Pattimura University Press berkunjung ke UGM Press. Rangkaian kunjungan tersebut dilakukan guna mendiskusikan dua hal, yaitu membentuk struktur organisasi Pattimura University Press yang ramping, tetapi kaya gerak, dan cara menarik minat dosen di Universitas Pattimura agar mereka mau menerbitkan buku-bukunya di Pattimura University Press.

“UGM Press menjadi rujukan kami dalam mendirikan Pattimura University Press. Kami ingin melihat secara langsung bagaimana sistem kerja di UGM Press dan juga mendiskusikan bagaimana membentuk struktur organisasi yang baik untuk penerbit perguruan tinggi,” tutur Dr. Steven Siaila, M.S., selaku Pimpinan Pattimura University Press, sekaligus ketua rombongan.

Rombongan yang berjumlah enam orang ini tiba di UGM Press pada Rabu, 11 April 2018. Dengan sangat bersahabat, mereka meninjau tiap divisi di UGM Press. Mereka melakukan studi banding untuk menambah pengetahuan dalam mengembangkan Pattimura University Press.

“Sebagai penerbit baru, kami ingin tahu bagaimana editor di UGM Press menangani naskah dan bagaimana cara agar dosen-dosen kami tertarik untuk menerbitkan bukunya di Pattimura University Press,” sambung Thea Yanti Pattipeiluhu, S.E., selaku staf redaksi Pattimura University Press.

UGM Press pun menyambut baik kedatangan teman-teman dari Pattimura University Press, sekaligus mendukung perkembangan Pattimura University Press. Dr. I Wayan Mustika, selaku Manajer UGM Press, memberikan sambutan dengan mengenalkan program-program kerja yang saat ini sedang berjalan di UGM Press.

“Saat ini UGM Press juga masih terus belajar untuk mengembangkan diri, apalagi di era digital ini. Sistem informasi sedang diperbarui mengikuti perkembangan zaman, agar nantinya semua kondisi di UGM Press dapat terpantau dengan baik. Kami juga berharap, ke depannya dapat terjalin kerja sama yang baik antara UGM Press dan Pattimura University Press,” ujar Dr. I Wayan Mustika.  

Pertemuan ini diawali dengan perkenalan masing-masing staf dari Pattimura University Press, dan juga perkenalan masing-masing koordinator UGM Press. Setelah berdiskusi cukup lama, diadakan makan siang bersama dan kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama. (UGM Press/nan)