PELUNCURAN DAN BEDAH BUKU  ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DI INDONESIA: MENCARI IDENTITAS?
Details
  • May 05, 2018

PELUNCURAN DAN BEDAH BUKU ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DI INDONESIA: MENCARI IDENTITAS?

Peluncuran dan Bedah Buku

 Ilmu Administrasi Publik di Indonesia: Mencari Identitas?

Karya Almarhum Prof. Dr. Agus Dwiyanto

Sabtu, 05 Mei 2018, Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP) FISIPOL UGM bekerja sama dengan UGM Press menyelenggarakan acara peluncuran dan bedah buku karya pakar kebijakan publik ternama, Prof. Dr. Agus Dwiyanto (Alm.), yang berjudul Ilmu Administrasi Publik di Indonesia: Mencari Identitas?. Acara diselenggarakan di Auditorium FISIPOL UGM, pukul 09.00–12.00 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan, sambutan Dekan FISIPOL Dr. Erwan Agus Purwanto, sambutan istri almarhum, dan pembacaan testimoni dari beberapa kolega almarhum.
Peluncuran dan bedah buku dipimpin oleh Prof. Dr. Agus Pramusinto (Kepala Departemen MKP), dengan pemateri, di antaranya Prof. (ret.) Dr. Miftah Thoha, Dr. Adi Suryanto (Kepala LAN), dan Dr. Anwar Sanusi (Sekjen Kemendesa PDTT). Peluncuran buku juga diadakan untuk mengenang Prof. Agus Dwiyanto beserta jasa-jasanya. “Prof. Agus merupakan sosok yang sederhana, namun kaya akan pemikiran hebat. Contohnya di buku ini. Meskipun tipis, tetapi isinya sungguh sangat luas, dan sangat merespons perkembangan dinamika perubahan,” tutur Dr. Adi Suryanto. Buku ringkas dan sederhana ini juga mengajak para pembaca untuk membaca secara cerdas mengenai perbedaan dan dinamika yang terjadi selama ini dalam sejarah perkembangan ilmu administrasi publik di Indonesia.
Bedah buku berjalan lancar dan sukses, ditandai dengan banyaknya peserta yang hadir, yaitu para mahasiswa, kolega, dan peminat kajian administrasi publik. Tidak hanya dari Yogyakarta, tetapi juga dari luar Pulau Jawa. Menteri Sekretaris Negara, Prof. Pratikno, juga menyempatkan datang dan memberikan sambutan serta testimoni di sela-sela acara. “Marilah kita meneladani dan mencontoh Prof. Agus Dwiyanto sebagai seorang praktisi yang mempunyai semangat kerja luar biasa!” ujar Prof. Pratikno.
UGM Press pun sangat mendukung acara seperti ini, dan akan memfasilitasi sepenuhnya. “Kami ikut senang acara ini berjalan dengan lancar. Meskipun di sini disebutkan bahwa buku ini merupakan buku terakhir, tetapi ada satu buku lagi karya Prof. Agus yang sekarang masih diproses di UGM Press, yaitu buku dengan judul Teori Administrasi Publik. Buku ini akan segera menyusul terbit, melengkapi karya-karya Prof. Agus,” tutur Dr. I Wayan Mustika selaku Manajer UGM Press yang juga menghadiri acara ini. (UGM Press/nan, Foto: Irwan/Rifki)