Tanggal Posting

  • October 09, 2015

Share

FRANKFURT BOOK FAIR 2015, 14-18 OKTOBER 2015, STAN HALL 4.0 C80

FRANKFURT BOOK FAIR 2015, 14-18 OKTOBER 2015, STAN HALL 4.0 C80

Peran Strategis Frankfurt Book Fair (FBF) 2015
sebagai Loncatan Cerdas Penerbit Universitas
Membuka Gerbang Cakrawala Penerbitan Internasional

Menjadi badan usaha berkelas dunia yang mandiri, berdedikasi, serta mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa, khususnya di bidang pendidikan.

UGM Press sebagai salah satu Penerbit Universitas yang ternama di Indonesia terus berusaha meningkatkan perannya dalam rangka menempatkan diri sebagai mitra terpercaya untuk mencerdaskan bangsa. Melalui penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas, khususnya Buku.

Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi, yaitu dimensi ruang dan waktu. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan, tak terkecuali bidang penerbitan dan literasi. Teknologi informasi, komunikasi, dan digital adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Oleh karena itu, globalisasi tidak dapat dihindari, maka UGM Press sebagai penerbit universitas harus selalu bersiap untuk menghadapinya.

Frankfurt Book Fair (FBF) adalah pameran buku dan media terbesar di dunia, dengan sekitar 7.300 peserta dari sekitar 100 negara. Menggabungkan sekitar 20 pameran buku internasional di Jerman. FBF mengelola situs yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia untuk industri penerbitan, yaitu www.book-fair.com dan direktorinya memiliki sekitar 40.000 kontak industri buku dan media seluruh dunia.

Pada Frankfurt Book Fair (FBF) 2015, negara Indonesia menjadi “Tamu Terhormat” (guest of honour). Dari 33 delegasi yang mewakili Indonesia, UGM Press adalah satu-satunya delegasi yang mewakili Penerbit Universitas, disamping keikutsertaan APPTI (Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia).

Maka keikutsertaan UGM Press pada FBF 2015 merupakan langkah yang sangat strategis. Bahkan hal itu adalah loncatan cerdas dari sebuah penerbit universitas dalam rangka membuka cakrawala penerbitan internasional.

Melalui proposal ini, kami mengajak perusahaan atau instansi Bapak/Ibu/Sdr untuk berperan serta mensukseskan program ini. Sehingga harapan menjadikan Penerbit Universitas di Indonesia untuk lebih banyak berperan di dunia penerbitan internasional terwujud.