Tanggal Posting

  • February 20, 2020

Share

BEDAH BUKU TAK KENAL MAKA TAK SAYANG: PENELITIAN KUALITATIF DALAM PELAYANAN KESEHATAN

BEDAH BUKU TAK KENAL MAKA TAK SAYANG: PENELITIAN KUALITATIF DALAM PELAYANAN KESEHATAN

(Kamis, 20/2/20) Guru Besar FKKMK UGM, Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., P.hD menggelar acara bedah buku untuk karyanya yang berjudul Tak Kenal Maka Tak Sayang: Penelitian Kualitatif Dalam Pelayanan Kesehatan pada tanggal 20 Februari 2020. Acara ini diselenggarakan di Gedung Tahir lantai satu FKKMK UGM dan dihadiri ratusan peserta dan beberapa tamu penting. Acara bedah buku ini diselenggarakan dengan maksud untuk memperkenalkan lebih dalam buku tentang penelitian kualitatif di dunia pelayanan kesehatan yang secara umum sangat jarang digunakan. Buku karya Guru Besar FKKMK UGM yang kerap disapa Prof. Uut ini juga diterbitkan oleh UGM Press yakni penerbit buku universitas milik UGM yang juga telah menerbitkan karya-karya spektakuler para dosen UGM.

Sebagai seorang penulis, Prof. Uut menyampaikan kesannya terhadap penelitian kualitatif yang pada umumnya sangat jarang digunakan di bidang kesehatan. Menurut beliau penggunaan metode kualitatif dalam bidang kesehatan khususnya kedokteran dapat dijadikan sebuah kunci untuk mengeksplor kompleksitas sistem pelayanan kesehatan. Beliau juga menambahkan bahwa melakukan penelitian dengan metode kualitatif itu seperti halnya menjalani dan memaknai kehidupan yang mana kita harus ulet dan telaten dalam menganalisis masalah hingga ke akarnya untuk menemukan jawaban atau solusi dari permasalahan tersebut.

“Melakukan penelitian dengan metode kualitatif itu sepertihalnya kita menjalani dan memaknai kehidupan. Saya berharap dengan hadirnya buku ini dapat dijadikan referensi penelitian kualitatif untuk perbaikan di bidang pelayanan kesehatan” ujar Prof. Uut.

Acara bedah buku yang dibuka oleh kepala Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM, Widodo, M.Sc., Ph.D. ini tak hanya menghadirkan konsep acara yang luar biasa, acara bedah buku ini juga dihadiri oleh beberapa tamu penting seperti Dr. dr. Lucia Kris dan Sp. PD., Sp. JP(K) dari RSUP Sardjito dan FKKMK UGM. Selaku Kepala BPP UGM Widodo, menyampaikan apresiasinya terhadap karya Prof. Uut dan harapan besarnya terkait penelitian kualitatif di dunia kesehatan pada umumnya dan dunia kedokteran pada khususnya.

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras Prof. Uut dalam menulis buku ini, semoga dengan terbitnya buku ini dapat bermanfaat bagi dunia kesehatan pada umumnya dan dunia kedokteran pada khususnya” ujar Widodo.

Selain itu Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika juga menyampaikan apresiasinya terhadap buku ini dan turut bangga karena UGM Press menjadi penerbit yang terpilih untuk menerbitkan buku luar biasa ini.

“Saya turut mengapresiasi dengan terbitnya buku yang sangat luar biasa ini karena buku ini dapat menjadi jawaban atas kesulitan para peneliti kualitatif di bidang kesehatan. Saya juga turut bangga terhadap UGM Press yang menerbitkan buku ini dengan baik” ujar I Wayan.

Acara bedah buku ini telah sukses diselenggarakan dan menerima banyak antusiame para peneliti. Setelah berlangsung selama kurang lebih 2 jam, acara ini ditutup oleh penampilan Prof. Uut dengan permainan piano berkolaborasi dengan salah satu pemain biola mantan anggota Gadjah Mada Chamber Orchestra. (Gesang Anita CW/Sekolah Vokasi UGM)