Tanggal Posting

  • May 28, 2019

Share

BEDAH BUKU POLA PIKIR SISTEMIK UNTUK MENYONGSONG INDUSTRI 4.0

BEDAH BUKU POLA PIKIR SISTEMIK UNTUK MENYONGSONG INDUSTRI 4.0

Rabu (28//05/2019) Magister Teknologi untuk Pembangunan Berkelanjutan UGM bekerjasama dengan River and Ecology Club Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM menggelar bedah buku Pola Pikir Sistem karya Dr-Ing.Ir. Agus Maryono di Auditorium Sekolah Pascasarjana UGM. Acara ini dihadiri dan diulas langsung oleh penulis, Dr-Ing. Ir. Agus Maryono yang merupakan dosen Departemen Teknik Sipil SV UGM, dan juga merupakan dosen Magister Teknologi untuk Pembangunan Berkelanjutan UGM, yang telah menulis lebih dari tujuh buku yang telah diterbitkan UGM Press. Bedah buku ini dihadiri puluhan mahasiswa lintas disiplin dan lintas jenjang, akademisi, dan masyarakat.

Buku Pola Pikir Sistem diselesaikan penulis sebagai jawaban atas keresahan penulis terhadap konsep dan implementasi pola pikir sistem yang masih sering terlupakan oleh masyarakat. Masalah utama yang dihadapi masyarakat saat ini adalah pola pikir yang masih dibatasi sekat-sekat berfikir sectoral dan kurang apresiatif terhadap pola pikir integralistik sistemik.

Inilah mengapa pola pikir sistemik penting, karena di dalam dunia pikir, ilmu mungkin saja dipisah pisahkan. Akan tetapi dalam kehidupan nyata ilmu-ilmu itu saling terikat. Menurut penulis, ilmu tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Setiap elemen dalam ilmu seperti organ tubuh manusia yang saling berpengaruh satu sama lain. Itulah mengapa ilmu interdisipliner dibutuhkan sebanyak-banyaknya.

Permasalahan yang terjadi di masyarakat akan dapat terselesaikan dengan baik apabila systemic thingking diterapkan dalam mengatasinya. Permasalahan nyata di masyarakat tidak bisa terselesaikan apabila hanya mengacu pada satu disiplin ilmu saja. Contohnya dalam mengatasi permasalahan banjir, longsor, dan kekeringan kita membutuhkan kolaborasi ilmu teknik sipil hidraulika, biologi, dan sosial agar solusi yang dihasilkan dapat menyelesaikan masalah tanpa timbul permasalahan lain.

Pola pikir sistem adalah kombinasi dari thinking world dan living world. Maka dari itu, semua komponen masyarakat diharapkan menerapkan systemic thinking, dengan ini maka 17 Poin Sustainable Development Goals dapat terwujud. Dengan adanya Bedah Buku Pola Pikir Sistem ini, diharapkan muncul kesadaran baru untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam menemukan solusi permasalahan bangsa.