Tanggal Posting

  • August 25, 2021

Share

BEDAH BUKU CLINICAL DECISION MAKING SERIES: OBSTETRI GINEKOLOGI (PEREMPUAN DAN PERMASALAHAN KESEHATAN REPRODUKSI)

BEDAH BUKU CLINICAL DECISION MAKING SERIES: OBSTETRI GINEKOLOGI (PEREMPUAN DAN PERMASALAHAN KESEHATAN REPRODUKSI)

Perkembangan pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan obstetri dan ginekologi pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), mengharuskan dokter umum meningkatkan kompetensi dalam diagnosis dan manajemen awal kasus obstetri dan ginekologi. Buku ini hadir dengan harapan dapat membantu para dokter umum untuk melakukan pelayanan obstetri dan ginekologi di tingkat primer sesuai dengan bukti klinis yang terbaru (evidence based medicine).

“Latar belakang penulisan buku ini awalnya karena selama ini belum ada textbook yang berisi tentang masalah klinis kesehatan, oleh karena itulah buku ini hadir. Selain itu juga buku ini diharapkan dapat menjawab tantangan dokter layanan primer, yang di era JKN ini harus menangani pasien secara optimal untuk 144 kasus klinis, termasuk di dalam buku ini menghadirkan kasus-kasus obstreti ginekologi yang masuk ke dalam 144 kasus tersebut”, pungkas Dr. dr. Shinta Prawitasari, SpOG(K., selaku tim penulis buku.

Bedah Buku Manajemen Pasien Simulasi di Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan diselenggarakan hasil kerjasama antara FK-KMK UGM dengan BPP UGM/UGM Press, pada 25 Agustus 2021 secara daring. Narasumber dari tim penulis buku yaitu Dr. dr. Shinta Prawitasari, SpOG(K) dan dua pembedah buku yaitu dr. Ani Mufidah Sari selaku Kepala Puskesmas Jetis dan L. Ana Yuliastanti Iriyani, S.Pd dari KPA DIY, juga dimoderatori oleh Dr. dr. Eugenius Phyowai Ganap, SpOG(K).